magazine daily

Everyone's Entertained

Monday 14 March 2016

"asam keeung" bumbu sederhana cita rasa khas

belimbing(bahan dasar kuah asam keeung
Kuliner Aceh memiliki sejarah panjang kedekatan masyarakat Aceh dengan peradaban dan interaksi dengan bangsa atau suku pendatang seperti Arab, India, Cina dan bangsa Barat. Salah satu bukti pengaruhnya adalah tampilnya bumbu serta rempah-rempah dalam kuliner Aceh yang umum digunakan bangsa Arab dan India.Masam keueng mempuanya makna "asam" dan "pedas" kuniner yang satu ini mempunyai bumbu yang sangat sederhana akan tetapi memiliki tekstur rasa yang kuat dan khas,sehingga menjadi masakan khas bagi masyarakat tanak rencong.

.
 Tidak mengherankan bila banyak masakannya memakai bumbu rempah, seperti kayu manis, pala, adas, cengkih dan jintan Tapi, selain itu, ada satu rahasia yang membuat masakan Aceh terasa berbeda yaitu dengan menggunakan bahan masakan
dengan rasa yang unik dan khas ini,membuat lidah para pecinta kuliner sangat menggagumi masakan tanah rencong yang satu ini.tak terkecuali masyarakat aceh sendiri dan khususnya masyarakat indonesia.

Asam sunti adalah bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan. Selain sebagai bahan kuliner, belimbing wuluh juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Secara tradisional tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, diabetes, rematik, sariawan, sakit gigi, gusi berdarah, sampai tekanan darah tinggi. Bagi kebanyakan orang Aceh, hampir semua masakan dibuat dengan asam sunti untuk memberi rasa asam gurih.
asam sunti(belimbing yang sudah di keringkan)


memiliki kekayaan cita rasa kuliner sudah selayaknya aceh menjadi salah satu kawasan wisata kuliner yang patut untuk di pertimbangkan oleh para pencari dan pecinta masakan khas daerah indonesia.
udang tongkol asam keeung
"asam keueng"sejak lama sudah menjadi menu khas makanan para kerajaan aceh serta menu jamuan untuk para tamu-tamu yang berkunjung ke aceh.



Bahan-bahan masakan asam keeung


cabai rawit
jeruk nipis
asam sunti (belimbing yang dijemur hingga kering)
bawang merah
minyak masak
garam
bawang putih
air secukupnya









0 comments:

Post a Comment