magazine daily

Everyone's Entertained

Sunday 20 March 2016

Rumoh Aceh Bukan Sekedar rumah Adat Juga Mengandung Tehnologi Tinggi

Rumah tradisonal Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur). Atap rumah berfungsi sebagai tempat penyimpanan pusaka keluarga. 

rumoh aceh tidak hanya sekedar rumah biasa selain memiliki keunikan-keunikan arsitektur bangunan juga memiliki pesonasa keindahan tersendiri,serta yang paling menggaumkan memiliki tehknologi yang tinggi serta sanggat tahan dengan bencana seperti gempa. 
akan tetapi sagat disayangkan pada era sekarang ini mayoritas masyarakat aceh baik di pedesaan maupun di perkotaan justru tidak berminat lagi untuk membangun rumah yang mengandung nilai sejarah dan budaya ini,umumnya masyarat lebih memilih membangun rumah dengan model-model gaya eropa dan minimalis.maka sanggat jarang sudah kita jumpai rumah panggung adat walaupun hanya lah sisa rumah zaman dahulu yang sudah lapuk di makan usia.
hanya segelintir masyarakat aceh yang masih peduli dengan rumah adat ini terutama bagi pemerhati dan penaggung jawab nilai sejarah dan budaya,membangun rumah adat  tidak lagi membudaya di kalangan masyarak tanah rencong hanya saja lebih kepada melestarikan nilai peninggalan sejarah

 







0 comments:

Post a Comment